Important information

PT Macquarie Sekuritas Indonesia

General information

Name, address, phone number

PT MACQUARIE SEKURITAS INDONESIA
Indonesia Stock Exchange Building Tower I, Fl. 8th
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta Selatan 12190
Ph. +62-21-2598 8300
Fax: +62-21-515 1212

Brief history

PT Macquarie Sekuritas Indonesia (Perusahaan), didirikan tanggal 15 Mei 1990 berdasarkan Akta Notaris Ny. Siti Pertiwi Henny Shidki, S.H. No. 290. Anggaran Dasar Perusahaan telah disetujui oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. C2-3546.HT.01.01.TH.90 tertanggal 16 September 1990 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 62 tertanggal 2 Agustus 1991 Tambahan No. 2355.

Ruang lingkup kegiatan Perusahaan meliputi usaha penjaminan emisi efek dan perantara pedagang efek.

Perusahaan memperoleh ijin usaha sebagai penjamin emisi efek dan perantara pedagang efek dari BAPEPAM-LK (sekarang Otoritas Jasa Keuangan) melalui Surat Keputusan No. KEP-42/PM/1992 dan KEP-43/PM/1992 pada tanggal 19 Februari 1992. Perusahaan memulai kegiatan komersialnya di bulan Februari 1992.

Anggaran Dasar Perusahaan telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu, terakhir berdasarkan Akta Notaris Eliwaty Tjitra, S.H. No.75 tertanggal 30 Januari 2017, mengenai perubahan nama Perusahaan dari PT Macquarie Capital Securities Indonesia menjadi PT Macquarie Sekuritas Indonesia. Perubahan ini telah diterima dan dicatat oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Keputusan No. AHU-0002646.AH.01.02 tertanggal 1 Februari 2017.

Organizational structure

Board profile

Dewan Komisaris:

Sam Fabian Fay - Komisaris
Diangkat menjadi komisaris perusahaan sejak tanggal 18 Oktober 2016 dan telah bekerja di Macquarie Group sejak tahun 2008 dengan posisi terakhir sebagai Cash Equities Business Manager.

Andang Taruna – Komisaris Independen
Bergabung dengan Macquarie Indonesia sejak tahun 2020 dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di pasar modal Indonesia. Pernah bekerja di beberapa Perusahaan antara lain Nikko Securities Indonesia

Direksi:

Stanley Dunda - Presiden Direktur
Bergabung dengan Macquarie Indonesia sejak tahun 2007 dan Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di Pasar Modal Indonesia. Pernah bekerja di beberapa perusahaan antara lain JP Morgan Indonesia.

Emilia Lazaro - Direktur
Bergabung dengan Macquarie Indonesia sejak tahun 2012 dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di pasar modal Indonesia. Pernah bekerja di beberapa Perusahaan antara lain DBS Vickers Securities Indonesia

Anita Budi Susanti - Direktur
Bergabung dengan Macquarie Indonesia sejak tahun 2003 dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di pasar modal Indonesia. Pernah bekerja di beberapa Perusahaan antara lain ING Securities.

Information on license holder

Seluruh Direksi dan karyawan yang diwajibkan untuk memiliki ijin perorangan (WPPE or WPEE) telah memiliki ijin dimaksud untuk menjalankan tugasnya sebagaimana diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Silahkan menghubungi kami untuk informasi detail.

Information for client

Financial statement

Download here

GMS resolution

Akta notaris terakhir terkait Rapat Umum Pemegang Saham/ Sirkuler
Nomor : 92
Tanggal : 18 Maret 2020

Customer complaint reporting

Komplain dapat ditujukan ke:
Tlp : +62-21-2598 8300
Fax: +62-21-515 1212

Swipe for more
No Jenis transaksi keuangan Selesai Dalam proses Tidak selesai Total jumlah pengaduan
Total Persentase Total Persentase Total Persentase
1 Perantara Pedagang Efek - Saham 0 N/A 0 N/A 0 N/A 0
Total 0 N/A 0 N/A 0 N/A 0

Governance related information

Board guideline

Dewan Direksi dan Komisaris harus memberikan waktu dan sumber daya yang cukup untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagaimana diatur dalam peraturan-peraturan yang relevan serta kebijakan di Macquarie Group yang terkait.

Code of Conduct

Perusahaan mengikut Code of Conduct dari Macquarie Group yang dapat dilihat di sini.

Policy on Risk Management - Credit

Prinsip kehati-hatian merupakan kunci kelangsungan usaha dari perusahaan dan ini adalah tanggung jawab dari semua karyawan.

Kebijakan dari Macquarie Group adalah untuk mengontrol risiko terkait kredit termasuk memastikan paparan penyebaran pada berbagai sektor ekonomi dan juga pihak yang melakukan transaksi dengan perusahaan. Paparan yang terlalu besar ke satu pihak atau kelompok adalah hal yang tidak diijinkan kecuali standard yang sangat tinggi dan level jaminan nyata yang besar. Seluruh risiko kredit dimonitor secara reguler dimana frekuensi monitoring tergantung pada volatilitas dari paparan tersebut.

Policy on Compliance

Bagian Kepatuhan adalah fungsi independen yang bertanggung jawab untuk memastikan setiap risiko kepatuhan dianalisa dan dijaga secara layak pada PTMSI. Salah satu prinsip utama di Macquarie adalah risiko berada pada level bisnis, dimana pimpinan bisnis adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi risiko yang berada pada bisnis mereka dan memastikan bahwa risiko tersebut dijaga sesuai aturan dan kebijakan Macquarie.

Manajemen Risiko dan Kepatuhan membantu pimpinan bisnis untuk melakukan tugas pengawasan di atas dengan menciptakan compliance framework yang kokoh dan efektif, serta dengan menjalankan fungsi advisory, traininng, dan monitoring terhadap risiko kepatuhan yang mungking timbul dari aktivitas bisnis yang dijalankan.

Fungsi ini bertugas untuk melindungi reputasi perusahaan dan Macquarie dengan menjadi partner dari sisi bisnis serta fungsi kontrol yang lain untuk mengembangkan solusi bisnis yang dapat dijalankan (viable) dan sesuai dengan aturan, ketentuan, code of conduct, yang mencerminkan tujuan dan nilai perusahaan dan juga Macquarie Group.

Policy on Internal Audit

Audit Internal (IAD) memberikan keyakinan yang independen kepada manajemen Perusahaan terhadap kecukupan dan ke-efektifan dari kerangka finansial dan risk manajemen.

IAD mencapai hal ini melalui implementasi metode audit berbasis risiko untuk melakukan review internal yang ada di Macquarie Group. Metodologi ini menggunakan perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, tindak lanjut serta pengawasan atas tindakan perbaikan yang disepakati.

Audit dilakukan dalam frekuensi yang berbeda-beda tergantung tingkat risiko inherent dari suatu usaha. Temuan audit dilaporkan secara langsung kepada manajemen perusahaan.